Keuntungan Bisnis Sampingan Kost

Keuntungan Bisnis Sampingan Kost

Berikut ini beberapa suggestions yang bisa Anda terapkan untuk manajemen bisnis rumah kost yang Anda kelola. Jadi pemilik kos-kosan bisa mengiklankan kost-kostan atau hunian lainnya. Biaya untuk mengiklankan kos-kosannya dimulai dengan harga nol rupiah hingga dua ratus ribu rupiah. Jika memasang iklan dengan harga dua ratus ribu rupiah maka pemilik kos bukan hanya bisa memajang foto kos-kosannya namun juga bisa mengupload video kost-kostanya. Memulai bisnis kost tidak harus menunggu jadi orang sukses atau sudah mendapatkan modal banyak, melainkan dari bangku kuliah pun Anda bisa melakukannya. Artis yang berasal dari Aceh, Cynthiara Alona juga menjadi sosok yang sukses dengan bisnis kos kosannya.

Ia memberikan keringanan dengan melihat dulu kondisi si penyewa. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Bupati Bone Bolango Nomor 44 tahun 2011 tentang usaha/dan atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan UKL dan UPL, serta SPPL. Misalnya pendataan pengumpulan KTP, KK, hingga keterangan pernyataan suami-istri bagi yang berpasangan.

Kami selalu berupaya memberikan ideas dan replace terkini seputar bisnis kost kostan. Harapan kami, keberadaan yukbisniskost sebagai platform edukasi bisnis kost kostan bisa menjadi bekal bagi banyak orang ketika pensiun nanti. Ringkasnya, mereka yang sudah pensiun tetap bisa mendapatkan passive earnings melalui bisnis kost kostan.

Banyak juga yang ingin menambah properti untuk dijadikan sebuah bisnis. Rumah kos-kosan yang seperti ini umumnya diminati oleh mereka pekerja yang telah berpenghasilan, atau perantau dari kota lain yang mencari hunian nyaman dengan fasilitas memadai. Bagi Anda yang tertarik untuk terjun di bisnis kost, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadi juragan kost. Lain halnya dengan rumah kontrakan yang masih banyak dicari pasangan yang baru menikah atau keluarga kecil, kos-kosan justru sedang banyak ditinggalkan akibat pandemi. Untuk mengatasi hal ini, kamu tentunya memerlukan biaya yang gak sedikit untuk memperbaiki rumah sebelum disewakan kembali kepada orang lain. Lantaran si penyewa akan mengontrak dalam jangka waktu yang tak sebentar, maka pemilik rumah harus pintar-pintar dalam memfilter calon penyewa yang baik.

Tetapi, sebaiknya gunakan perjanjian tertulis untuk melindungi hak dan kewajiban masing-masing. Anda baiknya Anda ikut andil dalam menentukan gaya bangunan, fasilitas yang disediakan nantinya, serta estimasi biaya pembangunan. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan potongan harga untuk beberapa penghuni kos pertama atau membuat reward untuk penghuni terbaik. Bahkan, bisa jadi mereka akan merekomendasikan tempat kos Anda ke orang lain berkat sifat ramah itu. Pebisnis kost juga bisa mendapatkan pasif earnings secara rutin setiap bulan atau tahunnya.

Usaha kost-kostan

Kini, kos-kosan dibangun sangat beragam, mulai dari fasilitasnya yang standar sampai eksklusif. Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan adalah memilih lokasi strategis. Cobalah mulai bisnis ini dengan melakukan survei lokasi, carilah lokasi yang mudah ditempuh, memiliki jarak yang dekat dari kampus atau perkantoran, akses mudah, dan sebagainya. Berbisnis pasti memiliki risiko entah karena salah strategi maupun karena rezeki yang kadang naik atau kadang turun. Bisnis rumah kos juga memiliki potensi sepi jika fasilitas yang menjadi daya tarik rumah kos sewaktu-waktu hilang, seperti kampus, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Oleh sebab itu, untuk menanggulangi penyewa kamar kost yang “nakal”, Anda bisa melakukan screening, dan juga inspeksi. Situs ini yang dibuat sejak tahun 2010 ini memberikan informasi mengenai kost sewa harian atau bulanan yang berada di seluruh provinsi di Indonesia. Berbeda dari situs lainnya, situs ini hanya menarik iklan kepada pelanggan kali bayar Rp 200.000 seumur hidup dan kami akan batasi a hundred orang pertama, setelah itu akan berbayar tiap taon. Seperti prosedur dalam membangu kost yang kurang dari 10 kamar, untuk bisnis kost Anda yang akan dibangun lebih dari 10 kamar harus mengurus IMB. Fungsi yang berjalan juga sama halnya dengan kamar yang kurang jumlahnya dari 10.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi juga ikut memberikan pengaruh. Usaha rumah kos yang awalnya cukup konvensional kini menjelma canggih dengan memanfaatkan berbagai program dan aplikasi untuk menggaet penyewa sekaligus memudahkan sistem pembayaran. Sambil tersenyum Ririn mengatakan bahwa kamar yang lucu itu harus bisa bebas diubah dengan gaya atau ditambah pernak-pernik apa pun sesuai selera si penyewa.

Ini tentu hal yang sangat menggembirakan dan mencerminkan prinsip keadilan pajak. Penurunan tarif dan kemudahan cara pembayarannya diharapkan mampu mendongkrak penerimaan pajak dari basis dan menjaring wajib pajak baru pemilik indekos yang belum ber-NPWP. Bagi yang belum bisa membuat kode billing sendiri bisa langsung membayarnya by way of atm. Dan yang lebih memudahkan lagi, wajib pajak tidak perlu lagi melaporkan pembayaran pajaknya sebab pembayaran pajak ini telah dipersamakan dengan pelaporan pajak. Tentu saja, skema ini dilakukan apabila penyewa kos-kosan adalah orang pribadi yang bukan pemungut yang ditunjuk Ditjen Pajak.

Comments are closed.