Nih Syarat Lansia Lebak Bisa Dapat Jatah Vaksinasi Covid

Nih Syarat Lansia Lebak Bisa Dapat Jatah Vaksinasi Covid

Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, Pertama melalui web site , di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran. Sementara itu, pemberian vaksin sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu 28 hari. Nantinya, pemberian vaksin Sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu yang berbeda antara dosis pertama dan kedua. Menurut Penny, persetujuan penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia di Indonesia berawal dari fakta bahwa angka kematian akibat COVID-19 pada usia lanjut relatif tinggi. Oleh karena itu, lansia perlu menjadi prioritas penerima vaksin virus corona.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menyebutkan efek samping dari vaksinasi COVID-19 pada lanjut usia sejauh ini tidak terlalu parah, efek vaksinasi pun dapat diminimalisasi dengan berbagai cara. Pasken kanker sedang dalam pengobatan atau terapi juga harus menyertakan surat rekomendasi dari dokter saat jadwal vaksinasi. Untuk penerima vaksinasi Covid suntikan pertama dan mengalami alergi berat atau gejala sesak napas, bengkak, kemerahan maka tidak diberikan suntikan kedua. Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger, menyatakan bahwa status gizi lansia terbukti memegang peran penting dalam menunjang efektivitas vaksin influenza.

Iris mengingatkan, mereka yang belum divaksinasi atau yang telah mendapatkannya tetap menjalankan protokol kesehatan 5M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Vaksin yang diberikan antara dua kategori usia ini sama yakni Sinovac dengan dosis zero,5 ml IM yang dimasukkan ke dalam otot melalui suntikan. “Suntikan pertama baru membentuk antibodi tetapi belum yang protektif. Antibodi terbentuk sudah mengenak virus yang masuk dalam tubuh melalui vaksin kemudian perlahan meningkat. BPOM memiliki hak untuk meninjau atau melakukan evaluasi aspek manfaat dan keamanan vaksin berdasarkan bukti terbaru. Melakukan studi klinis setelah persetujuan guna memastikan efektivitas vaksin dalam pencegahan infeksi virus corona.

“Tidak perlu takut mungkin dengan perbedaan atau silang pendapat yang ada. Tetapi kita ikuti standar atau prosedur… yang dilakukan oleh Kemenkes, pihak penyelenggara vaksinasi, kan sudah ada SOP nya. Prof Iris yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia mengaku belum disuntik vaksin karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium menyusul penyakit penyerta yang ia miliki.

Sementara untuk pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Jika memiliki kondisi-kondisi di atas, maka vaksin baru bisa dilakukan hingga kondisi pasien terkontrol baik. Jika berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam 37,5 derajat celcius ke atas, penundaan dilakukan sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19.

“Calon penerima vaksin yang datang langsung, tetap harus mendaftar online, petugas kami akan membantunya. Sementara, untuk yang non pelayan publik usia lansia tetap 60 tahun ke atas. Kriteria sasaran yang dimaksud yakni terkait usia pelayan publik dan lansia.

Vaksin bagi lansia

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina mengatakan program vaksinasi untuk lansia menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Kepri. Pengadaan Vaksin COVID-19 di Jerman Dikritik, Bagaimana dengan Indonesia? Berlin kini mendapat tekanan dari para pakar dan politisi karena dianggap tak mengamankan cukup dosis vaksin virus corona untuk program vaksinasinya. Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga Windu Purnomo menilai keputusan BPOM memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 bagi lansia sudah tepat.

Comments are closed.