Saat Presiden, Menteri, Hingga Staf Asn Bekerja Dari Rumah

Saat Presiden, Menteri, Hingga Staf Asn Bekerja Dari Rumah

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang merasa kurang bersemangat untuk bekerja dari rumah. Yang tadinya terbiasa dengan atmosfer kantor, kini perlu berjuang melawan distraksi situasi dan fasilitas di dalam rumah yang kerap menghalangi untuk bekerja secara efektif. Ada pula perasaan cemas dan stres yang muncul akibat terbatasnya ruang gerak ketika bekerja dari rumah. Bagi beberapa orang, memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah terasa bagaikan mimpi. Mereka tidak lagi perlu mengendarai transportasi umum yang padat menuju kantor di pagi hari, tidak menjalani assembly, dan memiliki waktu luang untuk beristirahat di rumah. Situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai saat ini mengharuskan banyak orang untuk tetap bekerja dari rumah .

Keuntungan yang dirasakan wartawati ini selama bekerja dari rumah adalah pengeluaran yang lebih irit. Efira mengatakan, bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19 justru menjadi keuntungan baginya. Ia merasa lebih aman dan bisa bekerja tanpa perasaan waswas karena tidak perlu keluar rumah.

Namun kewajiban untuk melapor lebih sering kepada manajer membuat beberapa orang merasa jeri. Yang, 23 tahun, seorang produser di perusahaan gim NetEase, mengaku menghabiskan banyak waktu dalam sehari untuk melakukan konferensi video, sampai-sampai dia tidak bisa menyelesaikan pekerjaan. “Bekerja dari rumah membuat administrasi lebih sulit, karena komunikasi yang kurang efisien dan banyak karyawan mengkir dari pekerjaan karena terganggu urusan personal,” ujarnya.

Perasaan atas pembatasan ini, jika orang-orang mengalaminya, akan berinteraksi dengan penyebab stres yang unik lainnya, yang berkaitan dengan isolasi sosial dan berlindung di dalam ruangan. “Sebab, sulit untuk mengabaikan apa yang terjadi di luar sana dan hanya memikirkan pekerjaan kita.” Jadi, wajar jika pandemi membuat kita tidak bersemangat saat bekerja dari rumah.

Memiliki jadwal tiga kali makan bersama keluarga sehari dikaitkan dengan lebih sedikit gejala depresi – bagian dari efek berantai antara rutinitas yang terganggu dan depresi. Rutinitas harus mencakup tidur, olahraga, bersosialisasi, meditasi, doa atau terapi untuk orang-orang yang mempraktikkannya, dan tentu saja makanan. “Sangat penting bagi orang-orang untuk melanjutkan sebuah rutinitas, untuk mencoba bangun pada waktu yang ditentukan dan tidur pada waktu-waktu tertentu,” katanya.

Trus, karena terbiasa kerja remote alias jarak jauh dari rumah, kamu pun jadi lebih bisa bekerja dari mana saja. Sehingga kalau harus assembly di coffee store dan lanjut menyelesaikan tugas di sana, kamu bisa melakukannya. Dengan manajemen diri yang baik, dan pengendalian diri terhadap distraksi, kamu justru bakal bisa menikmati banget kerja dengan jadwal yang fleksibel. Misalnya, kamu nggak perlu melewatkan premiere movie favoritmu atau acara keluarga yang penting, sementara kerjaan juga berjalan lancar.

“Profil dan kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan di masa depan paska pandemi juga akan berubah,” kata dia. Di sisi lain, sektor ketenagakerjaan juga tengah menghadapi tantangan terjadinya gelombang pemutusan hubungan kerja akibat pandemi Covid-19 sementara iklim lapangan kerja baru masih belum maksimal. Anda juga akan berpartisipasi dalam banyak pertemuan jarak jauh. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik di rumah agar dapat mengakses e-mail dan melakukan panggilan melalui Skype atau video dengan rekan kerja Anda. Headset yang terhubung dengan laptop computer atau komputer Anda akan memfasilitasi komunikasi lebih baik bagi para peserta pertemuan.

Karena kita sudah merasakan nikmatnya kerja di rumah yang bisa ditemani oleh keluarga kita di rumah. Menjadi seorang freelancer semasa WFH berlaku, karena waktu yang cukup lama diberlakukan untuk WFH. Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk menjadi seorang freelancer dengan menerima bayaran dari pekerjaan yang sudah kita kerjakan secara langsung.

Bekerja santai dari rumah

Pastikan pekerjaan akan tetap selesai sesuai deadline meskipun Anda dapat menentukan waktu pekerjaan sendiri. Memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya terutama teknologi video conference yang mampu membantu kita dalam melakukan interaksi dengan orang lain dalam masa isolasi diri ini. Ini akan membantu meningkatkan hubungan emosional kita dengan orang lain. Dia menyampaikan agar rutinitas harian layaknya di kantor tidak boleh hilang hanya karena kegiatannya dilakukan di rumah. Hal ini bisa dilakukan dengan praktik misalnya tetap menggunakan pakaian kerja, melakukan panggilan video di waktu-waktu tertentu, melaporkan hasil kerja ke atasan, dan lain sebagainya. Tak hanya bekerja saja, pemerintah juga telah memutuskan arahan bagi para siswa untuk sekolah dari rumah .

Comments are closed.