Syarat Dan Tata Cara Pendaftaran Vaksin Mandiri Untuk Pekerja

Syarat Dan Tata Cara Pendaftaran Vaksin Mandiri Untuk Pekerja

Khusus untuk jalur mandiri, Kementerian BUMN bahkan sudah menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Bio Farma untuk menggarap infrastruktur teknologi vaksin mandiri ini, mulai produksi, pengiriman hingga penyuntikan ke finish user. Hingga kini, pemerintah memang belum menyebutkan besaran harga vaksin corona ini. “Namun, kami pastikan negara akan hadir dalam harga vaksin ini,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir saat berdiskusi dengan pemimpin redaksi beberapa waktu lalu. Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Vaksin terdiri dari banyak jenis dan kandungan, masing-masing vaksin tersebut dapat memberikan Anda perlindungan terhadap berbagai penyakit yang berbahaya. Untuk menghindari agar tak terpapar virus COVID-19, ada protokol kesehatan 5M yang harus dijalankan, yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun, Mencegah terjadinya kerumunan, dan Membatasi mobilisasi.

Bambang mengatakan penambahan fasilitas baru itu diperkirakan dapat menambah stok vaksin menjadi eleven,9 juta dosis, di mana sebelumnya hanya 7,9 juta dosis. Filipina dan Indonesia saat ini sangat bergantung pada vaksin dari Sinovac Biotech China untuk menjalankan program inokulasi mereka. Filipina dan Vietnam sama-sama telah menyetujui vaksin Sputnik V Rusia, bersama dengan lebih dari 50 negara lain, terutama negara berkembang. Filipina mengharapkan untuk menerima gelombang pertama Sputnik V pada bulan April.

Program vaksinasi mandiri akan dilakukan setelah vaksinasi terhadap sektor prioritas yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Diperkirakan pelaksanaan program vaksinasi gotong royong bisa mulai dilaksanakan dalam rentang kuartal I tahun 2021 hingga memasuki awal kuartal II tahun 2021. Berdasarkan information Kementerian Kesehatan, sasaran program vaksinasi mencakup 107 juta penduduk berusia tahun.

Hingga saat ini Pemerintah masih melaksanakan program vaksinasi Covid-19 gratis dengan sasaran prioritas tenaga kesehatan. Dari jumlah tersebut, terbagi menjadi dua, yaitu 32 juta warga Indonesia yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara free of charge. Warga tersebut termasuk golongan tenaga kesehatan, pelayanan public, PBI dan kelompok masyarakat yang rentan terkena virus penyakit lainnya. Sementara itu, seventy five juta warga harus membayar untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan saat ini pihaknya masih harus melengkapi data yang dibutuhkan untuk EUA. Bio Farma merencanakan vaksinasi Covid-19 dapat segera diberikan kepada masyarakat setelah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Persetujuan, alokasi vaksin, serta jadwal vaksinasi akan diberikan kepada fasilitas pelayanan kesehatan, sebelum vaksinasi dilaksanakan. Pemberian vaksinasi pada kelompok usia 60 tahun ke atas diberikan 2 dosis dengan interval pemberian 28 hari.

Akhir-akhir ini, sebagian masyarakat mungkin sering mendengar pemberitaan terkait pengembangan vaksin sebagai salah satu solusi untuk menanggulangi pandemi COVID-19. Bila diberikan kepada seseorang, vaksin akan menimbulkan reaksi sistem imun yang spesifik dan aktif terhadap penyakit tertentu, misalnya vaksin flu untuk mencegah penyakit flu dan vaksin COVID-19 untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2. Hingga saat ini, pemberian vaksin COVID-19 adalah solusi yang dinilai paling jitu untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

Comments are closed.