Vaksinasi Mandiri

Vaksinasi Mandiri

Penny menyebut, aturan Kementerian Kesehatan mengharuskan vaksin Covid-19 untuk program pemerintah berbeda merek dengan vaksin mandiri. Ia menyebut apa saja merek vaksin yang termasuk dalam program vaksinasi mandiri. Pertama, merek vaksin mandiri harus berbeda dengan merek vaksin free of charge. Jakarta, Beritasatu.com – Selambatnya, awal Maret 2021, vaksinasi mandiri sudah bisa dilaksanakan.

Semakin lama virus mematikan itu dibiarkan merajalela semakin babak belur pula kita dibuatnya. Keganasannya harus segera diakhiri dan jurus paling ampuh untuk menyudahinya ialah dengan mengoptimalkan vaksinasi. Kapasitas produksi vaksin dunia setahun cuma 6,2 miliar dosis, sedang kebutuhan eleven miliar dosis. Ini belum termasuk vaksin lain untiuk anak-anak, yakni vaksin polio, difteri, rubella, dan sebagainya. Sedang Presiden Indonesia menargetkan 12 bulan selesai vaksin,” pungkas Budi.

Vaksinasi Mandiri

Pemerintah juga memastikan jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong berbeda dengan jenis vaksin program pemerintah. KOMPAS.com – Pemerintah secara resmi telah mengeluarkan aturan mengenai vaksinasi mandiri atau yang disebut dengan vaksinasi gotong royong. Kementerian Kesehatan resmi memperbolehkan vaksinasi covid-19 lewat jalur mandiri. Vaksinasi mandiri yang diberi nama Vaksinasi Gotong Royong ini akan dikelola oleh pihak swasta. “Dan walaupun sudah divaksin namun tetap harus menjaga protokol kesehatan, tetap jalani 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak, serta menghindari kerumunan. Saya akan intruksikan kepada perusahaan-perusahaan di Muba segera melakukan pendataan dan melakukan vaksinasi mandiri yang akan diinisiasi oleh KADIN,” ujarnya.

Rumah Sakit Pelni melalui akun instagramnya terlihat menawarkan vaksin Covid-19. Vaksin ini pun dibanderol dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kamar Dagang dan Industri Indonesia tengah menghimpun data perusahaan peserta yang hingga kini sudah mencapai lebih dari 17.387 perusahaan pendaftar. Wiku menekankan pemerintah sedang berupaya untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity.

“Vaksinasi mandiri dilaksanakan oleh rumah sakit yang tidak ditunjuk melakukan vaksinasi gratis,” jelas Presiden. “Mudah-mudahan, akhir Februari atau selambatnya awal Maret 2021, vaksinasi mandiri sudah bisa dilaksanakan,” kata Presiden Joko Widodo dalam diskusi dengan sejumlah pemimpin redaksi media nasional di Istana Negara, Rabu (17/2/2021). “Jenis vaksinnya berbeda yang digunakan vaksinasi program nanti mungkin pihak Bio Farma bisa menyampaikan agar tidak terjadi kebocoran dari vaksin yang free of charge ke vaksin berbayar,” tuturnya.

Namun demikian, vaksin mandiri berbeda dengan vaksin yang sudah menjadi program pemerintah. Vaksin dalam program pemerintah menggunakan vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Sedangkan untuk vaksinasi mandiri menurut rencana akan memakai buatan Sinopharm dan Moderna. Selain itu Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa karyawan dan buruh harus diberikan secara free of charge dan harga vaksin ditentukan oleh pemerintah.

Untuk memastikan apakah hal tersebut merupakan reaksi terhadap vaksin atau memang karena COVID-19, Anda dapat berkonsultasi ke dokter. Bila perlu, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan PCR untuk memastikan diagnosis COVID-19. Untuk menentukan jadwal pemberian vaksin COVID-19 dan vaksin lainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Untuk meredakan nyeri atau efek samping vaksin COVID-19 yang dirasa mengganggu, Anda disarankan untuk beristirahat yang cukup, memberi kompres dingin pada area suntikan, dan lebih sering menggerakkan lengan yang disuntik.

Untuk vaksinasi gotong royong, jenis vaksin yang digunakan harus mendapat persetujuan pengguna pada masa darurat atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . “Jenis vaksin gotong royong tidak akan menggunakan vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin Novavax, dan vaksin Pfizer,” kata Nadia dalam konferensi pers vaksinasi gotong royong melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Jumat (26/2/2021). Artinya, pemerintah tak ikut menanggung beban pendanaan vaksin gotong royong, berbeda dari vaksin program pemerintah. Sebanyak 11.229.846 dosis vaksin pertama dan kedua telah disuntik ke warga per Selasa, 30 Maret 2021.

Comments are closed.