Vaksinasi Tahap Kedua Untuk Lansia Mulai Tertata Dan Lancar

Vaksinasi Tahap Kedua Untuk Lansia Mulai Tertata Dan Lancar

Penyuntikan vaksin akan dilaksanakan di dalam ruangan IGD non infeksius, dan observasi pasca vaksinasi untuk melihat kejadian ikutan pasca imunisasi , misalnya mengetahui apakah ada alergi atau tidak pada penerima vaksin. “Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya. “Namun perlu diingat bahwa vaksinasi tidak menjadikan tubuh kebal terhadap suatu penyakit, akan tetapi membantu kekuatan pertahanan pada tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak divaksin saat terpapar virus,” pungkasnya. Mengacu angka kematian akibat Covid-19 pada umumnya, terjadi pada kelompok usia lanjut . Maka kelompok populasi ini turut menjadi prioritas untuk memperoleh hak akses vaksin yang sama.

Artinya hingga saat ini sudah lebih dari seventy six juta dari total 331 juta populasi AS mendapat minimal satu dosis vaksin buatan BioNTech-Pfizer atau Moderna. Pertama, lansia penerima vaksin Covid-19 harus banyak istirahat sebelum menerima vaksin Covid-19. “Hal yang perlu dipertimbangkan terkait vaksinasi pada lansia adalah terjadinya immunosenescence atau disfungsi imunitas karena usia. Hal ini berhubungan dengan respon terhadap vaksin yang kurang maksimal,” ungkapnya dalam pernyataan Entrasol yang diterima CNNIndonesia.com. Oleh karena itu, tolong dibantu semua orang tuanya, kakeknya, neneknya, mertua, tante, semua yang 60 tahun ke atas, tolong segera diajak untuk divaksinasi,” pintanya.

Di samping itu, manajemen risiko harus direncanakan dengan sebaik-baiknya sebagai langkah antipasti mitigasi risiko apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah pemberian vaksin. Penyediaan akses pelayanan medis dan obat-obatan untuk penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang serius yang mungkin terjadi harus menjadi perhatian bagi penyelenggara pelayanan vaksinasi untuk Lansia. Kesiapsiagaan petugas kesehatan di lapangan juga merupakan hal yang sangat penting. Jakarta – Program vaksinasi COVID-19 telah berjalan secara bertahap sejak 13 Januari 2021 lalu, sesuai dengan ketersediaan vaksin dan target prioritas yang ditetapkan pemerintah. Pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia.

Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact individual perwakilan dari vocal Point yang berasal dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. Contact individual tersebut harus dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien. Tak hanya itu, Jokowi juga menjelaskan mengenai vaksin berbayar ‘Gotong Royong’ yang diprioritaskan untuk para pekerja pabrik atau yang ada di sektor Industri. Jokowi mengakui masih memiliki masalah terkait ketersediaan vaksin yang masih jauh dari target. “Tadi Batam juga lihat sudah banyak yang disuntik vaksin untuk lansia,’ tambahnya.

Uji coba PTM tahap III Wonogiri akan dimulai pekan depan namun Tirtomoyo belum bisa menggelar karena masuk zona merah risiko Covid-19. Peristiwa perahu terbalik di Waduk Kedung Ombo, Kabupaten Boyolali, yang mengakibatkan sembilan orang meninggal dunia karena tenggelam mengungkap pengabaikan atas perlindungan terhadap anak. Sedangkan untuk suspek corona naik menjadi 980 orang, terdiri dari 15 isolasi mandiri, 161 rawat inap, 778 selesai pemantauan, 26 meninggal, dan 733 swab negatif. Dengan tambahan 28 kasus baru tersebut, akumulasi kasus positif corona di Sukoharjo menjadi 5.963 kasus. Disisi lain, kasus positif sembuh naik 13 orang sehingga totalnya menjadi 5.294 kasus dan positif meninggal naik dua menjadi 423 orang. Yunia tak memungkiri kasus positif corona di Kabupaten Sukoharjo belum menunjukkan tren menurun.

Vaksin bagi lansia

Menurutnya, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Menurut dia, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Sejauh ini program vaksinasi Covid-19 mencapai 9 persen dari penduduk Sukoharjo.

Comments are closed.