7 Suggestions Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Ibu Hamil

7 Suggestions Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Ibu Hamil

Setelah mengetahui jenis-jenis nutrisi yang dapat memperkuat imunitas anak, sekarang ayo cari tahu bahan-bahan pangan apa saja yang mengandung nutrisi tersebut. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak terserang virus corona, perlu mengonsumsi asupan yang mengandung zat gizi. Jika kurang istirahat seperti tidak cukup tidur, kebiasaan makan yang tidak teratur dengan gizi minim tentu akan membuat kondisi daya tahan tubuh tidak prima. Alhasil, imunitas menurun sehingga membuat virus penyakit mudah masuk ke dalam tubuh.

Dikutip dari Health Line, berikut makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko infeksi virus Corona. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen dapat memperkuat respons imun umum tubuh Anda seperti vitamin C, vitamin D, zinc, elderberry, echinacea, dan bawang putih. Sementara suplemen ini menunjukkan potensi dalam studi yang disebutkan di atas, itu tidak berarti mereka efektif terhadap COVID-19. Penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel-sel kekebalan Anda membedakan antara sel-sel normal dan sehat dan organisme penyerbu berbahaya. Ia menyarankan masyarakat agar berjemur pada pukul 08.00-09.00 WIB atau eleven.00-thirteen.00 WIB untuk meningkatkan produksi vitamin D di tubuh. Anda cukup berjemur selama menit saja per sesi, sebanyak 2-three kali dalam seminggu.

Menurut dr. Sentot Handoko, Sp.GK, dari Rumah Sakit EMC, untuk menjaga imunitas tubuh, kita perlu memenuhi nutrisi harian kita. Karena, jika nutrisi dalam tubuh menurun, antibodi juga otomatis akan menurun. Tubuh membutuhkan makronutrien dan mikronutrien untuk menciptakan antibodi yang cukup agar bisa melawan bakteri, virus, dan antigen lainnya. Meningkatkan sistem imun tubuh tidak selalu berasal dari faktor makanan. Tubuh juga memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi agar tetap match. Sedangkan pada anak-anak, waktu tidur diperlukan selama 10 jam per hari atau lebih.

Nikotin dalam rokok pun bisa menambah produksi hormon kortisol serta mengurangi pembentukan respon antigen sel T serta antibodi sel B. Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari sebagai cara untuk meningkatkan imun tubuh dan melawan infeksi. Gula dan karbohidrat olahan dapat memicu kelebihan berat badan dan obesitas.

Menaikan sistem imun

Kondisi kebersihan seseorang dapat menentukan besar atau kecilnya risiko Anda terpapar kuman penyebab infeksi. Sedangkan, mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, yaitu zinc dan selenium. “Zinc didapat dari tiram, daging merah, daging unggas, kacang-kacangan, serta seafood. Selenium bisa didapat dari tuna, unggas, dan biji-bijian,” jelas dr. Alvin. Saat pertama kali terinfeksi, tubuh akan mengeluarkan pertahanan untuk menghadapi semua jenis virus. Nah, di saat inilah pelepasan protein interferon bereplikasi di dalam sel-sel tubuh.

Comments are closed.