Banyak Juga Ya Efek Samping Vaksin Astrazeneca Yang Dapat Terjadi

Banyak Juga Ya Efek Samping Vaksin Astrazeneca Yang Dapat Terjadi

Nyeri lengan terjadi sekitar lima hingga tujuh hari setelah vaksin ketika lengan Anda memerah dan gatal. Lesi merah yang terbentuk di tempat suntikan bisa berukuran 1 inci sampai 5 inci persegi. Saat ini, terdapat tiga vaksin Covid-19 di AS, yakni vaksin Pfizer, vaksin Moderna dan vaksin Johnson & Johnson . Dari ketiga vaksin tersebut, vaksin Johnson & Johnson tampaknya menghasilkan efek samping yang lebih ringan, menurut orang-orang yang menerimanya. Norwegia telah meluncurkan penyelidikan atas kematian dua manula penghuni panti jompo setelah mereka menerima vaksin Pfizer untuk melawan COVID-19. Beberapa laporan menyebutkan orang yang menggunakan filler wajah dan mendapat vaksin Covid-19, mengalami bengkak di wajahnya.

Menurut Kementerian Kesehatan, gejala yang muncul pasca vaksinasi telah diamati sejak uji klinis dilakukan. Sehingga, bisa dipastikan vaksin tersebut aman dengan penerbitan Izin Penggunaan Darurat . Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Hindra Irawan Satari mengatakan, terdapat 229 laporan mengenai kejadian ikutan pasca imunisasi yang masuk kategori KIPI serius hingga sixteen Mei 2021. Melihat keadaan yang darurat baik di Indonesia maupun di dunia, Reisa menghimbau agar masyarakat mau menerima vaksin apapun mereknya. “Menerima vaksin apapun mereknya adalah upaya terbaik demi menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan orang lain,” tutur dia.

Apabila berkaitan akan dibiayai oleh negara, tetapi tidak dibiayai kalau tidak berkaitan dengan imunisasi. Sehingga di sinilah peran Komnas KIPI untuk mengklasifikasi apakah suatu kasus kejadian ikutan disebabkan oleh vaksinasinya. Majelis Ulama Indonesia juga telah memfatwakan suntik vaksin Covid-19 di siang hari bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa.

Karena itu, di Inggris, badan otoritas setempat merekomendasikan bagi mereka yang berusia di bawah forty tahun untuk menggunakan vaksin selain AstraZeneca. Namun demikian, jika sudah menggunakan vaksin AstraZeneca pada suntikan pertama dan tidak mengalami masalah apapun, disarankan untuk meneruskan suntikan kedua dengan vaksin Astra Zeneca lagi. Berbagai upaya Pemerintah telah dan akan terus dilakukan untuk percepatan penanganan pandemi COVID-19 ini. Salah satu upaya pemerintah yang saat ini akan segera digulirkan adalah program vaksinasi COVID-19. Vaksin COVID-19 diharapkan menjadi penentu dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini, dan seluruh negara di dunia sedang melakukan upaya yang sama.

Efek dari vaksin covid

Jika tidak lolos dengan persyaratan kesehatan untuk vaksinasi, masyarakat tersebut tidak akan mendapatkan vaksin. Badan Pengawas Obat dan Makanan pun masih menginvestigasi terkait adanya dugaan efek samping deadly dari vaksin AstraZaneca batch CTMAV547. Investigasi yang dilakukan berupa pengujian toksisitas dan irregular serta sterilisasi dari vaksin tersebut. Menurutnya, semua vaksin memiliki KIPI dengan gejala yang rendah dan ringan.

Comments are closed.