Begini Strategi Pemerintah Penuhi Kebutuhan Vaksin Covid

Begini Strategi Pemerintah Penuhi Kebutuhan Vaksin Covid

Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru. Berdasarkan keputusan tersebut, Kementerian Kesehatan akan segera melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun. Masranik menambahkan, apabila waktunya nanti dipanggil untuk mendapatkan imunisasi vaksinasi, ambilah dan lakukan.

Selanjutnya, tenaga kesehatan penerima vaksinasi diminta mengirimkan enam angka terakhir nomor induk kependudukan untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi. Bio Farma telah memiliki kontrak impor 140 juta dosis bahan baku vaksin dari Sinovac. “Belum lagi persoalan information penerima vaksin yang menuai sengkarut. Alhasil, tujuan vaksinasi untuk membentuk herd immunity ini pun terancam gagal,” ujar Netty. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani meminta pemerintah untuk fokus terlebih dahulu pada vaksin gratis Covid-19 untuk masyarakat. Program vaksin gratis lebih penting daripada mewacanakan adanya vaksin mandiri yang dapat membingungkan masyarakat.

Budi Gunadi mengatakan diperkirakan proses penyuntikan 426 juta dosis vaksin Covid-19 itu membutuhkan waktu 15 bulan, dan perkiraan ini bisa berubah bergantung pada pasokan vaksin yang dipesan pemerintah. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pemerintah sudah memiliki kontrak yang pasti untuk membeli sekitar 270 juta dosis vaksin Covid-19. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, tidak ada pungutan terhadap masyarakat jika ingin mengikuti vaksinasi Covid-19. Jajaran menteri terkait dan pemerintah daerah diminta memprioritaskan program vaksinasi di tahun anggaran 2021 sehingga tidak program pemulihan ekonomi dan kesehatan tersebut tidak menemui kendala berarti. Ia memastikan vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga, Surabaya tetap masuk dalam program vaksinasi pemerintah.

“Alhamdulillah hari Jumat kemarin di akhir bulan kita sudah menembus 20 juta suntikan. Dibandingkan dengan kita mulai dari Januari menembus 10 juta suntikan itu tanggal 26 Maret, jadi hampir dua bulan. Sekarang satu bulan dengan segala keterbatasan kita tetap menembus 10 juta suntikan atau sekitar 12,5 juta rakyat Indonesia sudah diberikan vaksinasi yang pertama. “Dengan information tersebut Badan POM memberikan batas kedaluwarsa vaksin Covid-19 selama enam bulan, baik Sinovac maupun Astrazeneca,” katanya. Lucia menambahkan untuk waktu kedaluwarsa vaksin Covid-19 diketahui masih baru dan diproduksi akhir 2020.

Kemudian kelompok kedua adalah masyarakat, tokoh agama, daerah, kecamatan, RT/RW sebanyak 5,6 juta orang, dengan kebutuhan vaksin eleven juta dosis. Dalam kesempatan itu Menteri Kesehatan merinci alasan mengapa Indonesia membutuhkan 426 juta dosis vaksin Covid-19, yaitu dari 269 juta penduduk Indonesia, terdapat 188 juta orang berumur 18 tahun ke atas. Pemerintah juga mengesampingkan ibu hamil, orang dengan penyakit bawaan berat atau yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19, jumlah mereka sekitar tujuh juta orang. JawaPos.com – Vaksin Merah Putih buatan anak bangsa, dipastikan akan tetap masuk dalam program vaksinasi pemerintah. Vaksin Merah Putih salah satunya merupakan buatan Universitas Airlangga, Surabaya yang pada tahapan uji klinis akan melibatkan para relawan. Menristek RI sebut bahwa dengan perkiraan kebutuhan vaksin corona sekitar 353 juta dosis maka anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 26,5 triliun.

Vaksin dari pemerintah

Masyarakat juga memberikan repons yang baik sehingga proses vaksinasi berjalan lancar. Ia pun mengajak masyarakat bersyukur sebab masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari meskipun pandemi COVID-19 belum selesai. Pemerintah berencana memulai vaksinasi mandiri pada akhir Mei 2021 dengan prioritas pada pekerja di sektor usaha padat karya, serta yang berada di zona merah. Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video tutorial bagaimana cara kerja vaksin. Untuk penyakit lain yang tidak disebutkan dalam format penapisan ini dapat berkonsultasi kepada dokter ahli yang merawat.

Dari ketiga cara mendapatkan vaksin Corona COVID-19 yang sudah dijelaskan memang sebagian besar mengandalkan ponsel. Untuk menjawab kegelisahan ini, pemerintah sudah menyiapkan upaya penanganan tepat sesuai Juknis. Nah, cara mendapatkan vaksin COVID-19 bisa dilakukan dengan enam tahapan sampai registrasi dan verifikasi.

Comments are closed.