Bekerja Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?

Bekerja Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?

Sedangkan ketika Ia seharusnya mengurus bisnis, Ia justru mengerjakan pekerjaan kantor miliknya. Dunia bisnis seakan-akan tidak ada matinya, mulai dari bisnis kecil, menengah, hingga bisnis besar dengan omzet bermiliaran. Semakin hari, dunia bisnis memberikan perkembangan yang baik dan sangat menjanjikan. Oleh karena itu, beberapa orang belakangan ini mulai bermimpi untuk memiliki bisnis miliknya sendiri. Materi perkuliahan dosen perlu dijabarkan lebih lanjut atau didalami.

Kamu bisa memilih belajar di kamar atau di ruangan kosong dimana kamu bisa fokus untuk kuliah online. Siapa yang akan menyangka pada tahun 2020 ini, kita tidak akan bisa belajar bersama dengan teman-teman lainnya. Memang terasa asing dan jenuh dengan perubahan mendadak seperti ini. Pasti kamu juga sempat merasakan beberapa tantangan tersendiri ketika melakukan kuliah online. Seperti keterbatasan kuota, sinyal, tidak fokus, kesulitan mengerjakan tugas, susah untuk berkomunikasi dengan dosen atau teman-teman kelompok dan lainnya. Sudah beberapa bulan belakangan, kita dihimbau untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Selain itu, kamu juga lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan dosen. Agar kuliah bisa mendukung pekerjaan dan karier, pilihlah jurusan perkuliahan yang memang memiliki keterkaitan dengan bidang pekerjaan. Jika kamu bekerja di bagian administrasi, tak ada salahnya untuk memilih jurusan seperti Manajemen atau Akuntansi. Istirahat yang cukup sangat wajib bagi kamu yang mengambil kuliah sambil kerja. Tidur yang cukup akan menghindarkan Anda dari stress karena padatnya aktivitas kuliah dan pekerjaan. Pakailah waktu selama istirahat untuk mengembalikan kebugaran dan fokus pikiran untuk menjalani padatnya rutinitas.

Diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan bersikap fleksibel. Jika Anda menghadapi situasi demikian, Anda dapat melakukan beberapa opsi. Salah satunya adalah dengan menyusun ulang rencana kerja hari tersebut. Jika berbicara masalah waktu, tubuh manusia didesain untuk mendapatkan istirahat minimal 8 jam sehari. Dengan demikian, seorang mahasiswa masih memiliki waktu 16 jam per hari untuk dapat berkativitas.

Pastikan jam kerja Mam ini tidak berubah-ubah agar tidak berbenturan dengan jadwal kuliah. Lalu, untuk kegiatan berumah tangga, Mam bisa melakukannya di pagi hari sebelum anggota keluarga lain bangun. Ketika Mam sudah memastikan jadwal kegiatan rumah tangga dan bekerja, Mam tinggal menyesuaikan jadwal kuliah. Meski Kamu tergolong orang yang sibuk menjalani kuliah sambil kerja, tetap buat diri sebagai orang produktif ya. Kamu tetap harus memiliki waktu untuk berolahraga, melakukan hobi atau bersenang-senang. Jangan sampai Kamu stress menjalani dua kegiatan yang butuh tenaga lebih ini.

Jika sudah terbiasa, kamu akan melakukan semua tugas dengan gampang dan dengan pikiran yang tenang. Alhasil, semua waktu antara kuliah dan kerja dapat terselesaikan dengan baik dan terkendali. Ilmu yang kita dapatkan di sekolah atau kuliah tidak dapat menjadi modal yang cukup kuat untuk kita bersaing di dunia kerja nanti. Kerja praktek langsung di lapangan juga dibutuhkan untuk dapat menambah kemampuan delicate skills dan pengalaman kita. Karena itu, bekerja half time bisa jadi salah satu sarana untuk dapat belajar dan mencari pengalaman baru di dunia kerja.

Kerja sambil kuliah akan membutuhkan banyak uang dalam periode waktu yang tidak sebentar. Namun, yang pasti kerja sambil kuliah membutuhkan usaha yang luar biasa. Tenaga, waktu, juga keuangan kamu bisa habis hanya untuk melakukan dua kegiatan tersebut.

Hal tersebut memberikan kesan tersendiri selama kuliah di sana. Menurutnya, selain pengalaman yang menarik, tantangan pun juga dilaluinya. Salah satunya atmosfer yang baru yaitu, budaya dengan daerah asalnya dengan budaya di Yogyakarta sangat berbeda terutama dalam berkomunikasi. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjadi pilihan Hendra untuk melanjutkan pendidikannya. Hal tersebut karena saat menempuh S1 di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, ia mengambil Program Studi Peternakan.

Sebenarnya lebih tepat bukan ambisi, tetapi rencana dan target dan memperhitungkan horison waktu supaya kita bisa merencanakan dengan baik. Waktu itu karena saya tidak berlatar belakang ekonomi, saya harus belajar dua kali lipat lebih keras dibandingkan yang lain, dan kemudian tidak malu untuk bertanya. Jakarta, CNBC Indonesia- Perempuan di Indonesia banyak yang memiliki potensi dan kemampuan besar untuk menjadi pemimpin. Saat ini cukup banyak perempuan yang berada di puncak kepemimpinan di perusahaan ataupun organisasi.

Comments are closed.