Cara Pendaftaran Vaksinasi Covid

Cara Pendaftaran Vaksinasi Covid

“Karena tidak mudah untuk mendapatkan vaksin dari pemerintah, secara distribusinya,” ujar Akhmad Hadian Lukita. Akhmad Hadian Lukita menyebut, PT LIB pun juga mempersiapkan rencana untuk mendapatkan vaksin dengan cara mandiri. Informasi yang berkualitas pun bercampur dengan informasi palsu tanpa mutu.

Dalam dua hari ini Indonesia mendapatkan hampir satu juta vaksin jenis Sinopharm yang akan digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong atau vaksinasi mandiri yang berada di luar vaksinasi program pemerintah. Adapun kelompok pertama yang diprioritaskan mendapat vaksinasi adalah, paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik sebanyak 3,4 juta orang dengan whole kebutuhan 6,9 juta dosis. “Yang menerima ini adalah perusahaan yang memang padat karya. Dalam hal ini, untuk proses pertama untuk kawan-kawan yang memang manufaktur tekstil akan menjadi prioritas pertama di vaksin program vaksin gotong royong,” ucapnya. Suara.com – Program Vaksinasi Gotong Royong dilaksanakan pada Selasa, 18 Mei 2021. Untuk kelancaran program, terdapat 19 perusahaan yang memulai program vaksinasi tahap pertama ini. Pelaksanaan vaksinasi gotong royong sendiri dilakukan di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Sehingga, kemampuan vaksinasi mandiri ini jika ditotal bisa mencapai 16,02 juta per bulan dengan dosis yang dibutuhkan adalah sebanyak dua kali vaksin atau 32,05 juta jiwa. Fathema mengatakan, vaksinasi bisa lebih cepat jika rumah sakit dan klinik swasta okut tertibat dalam vaksinasi mandiri karena jumlahnya lebih banyak. Pemerintah Indonesia menjelaskan bagaimana cara masyarakat untuk mendapatkan vaksin virus corona (COVID-19) secara mandiri yang sebentar lagi akan diedarkan. Gelaran Liga 1 dan Liga 2 tak masuk dalam prioritas penerima vaksin dari pemerintah. Para atlet mengajak seluruh masyarakat agar tak perlu takut disuntik vaksin Covid-19.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

“Bila Sinovac dibolehkan untuk vaksin mandiri, bisa jadi jatah untuk yang free of charge berkurang karena pengusaha berani membeli lebih mahal. Selain itu, pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia hanya boleh dilakukan oleh PT Bio Farma. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mencegah pemalsuan vaksin dan kebocoran. Dari sini, bisa diketahui apakah nama dengan NIK tersebut terdaftar sebagai calon penerima vaksin Covid-19 atau tidak. Mengenai aturan setelah vaksinasi, Suarjaya tetap mengimbau masyarakat menjalan protokol kesehatan dan 6 M. “Hal itu tetap kita tekankan dilakukan. Jangan beranggapan saya divaksin lalu saya kebal, tentu tidak,” katanya.

Skema tersebut dikritik oleh beberapa ahli kesehatan karena khawatir hal itu dapat membuat ketidakadilan dalam pembagian vaksin. COVID-19 badan hukum/badan usaha harus melaporkan jumlaH karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang akan dilakukan Vaksinasi Gotong Royong. Ia juga menyebutkan, Kementerian Kesehatan akan menetapkan harga vaksin tersebut.

PT Bio Farma dalam pendistribusiannya dapat bekerja sama dengan pihak ketiga. Terkait vaksin yang didistribusikan, jumlahnya harus sesuai dengan kebutuhan di badan hukum atau badan usaha yang ada. Bagi kelompok prioritas yang akan mendapat vaksinasi free of charge, perlu memperhatikan cara mendapatkan vaksin COVID-19 sesuai Juknis dengan melakukan registrasi. Total ada 6 kelompok prioritas penerima vaksin, untuk yang pertama adalah paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik sebanyak 3,4 juta orang dengan whole kebutuhan 6,9 juta dosis. Atas dasar itu, rencana pengadaan vaksin oleh pihak swasta melalu program vaksin mandiri ini berpotensi mengacaukan pengaturan mengenai prioritas penerima vaksin.

Comments are closed.