Dampak Teknologi Pendidikan Pada Belajar Mandiri Saat Pandemi Covid

Dampak Teknologi Pendidikan Pada Belajar Mandiri Saat Pandemi Covid

Respons Gubernur DKI Jakarta juga menunjukkan adanya perhatian khusus dari Pemda DKI Jakarta pada gejolak sosial dalam masyarakat yang berpotensi terjadi atau sudah terjadi, seperti di Jawa Barat. Konten positif juga bisa tunjukkan dengan membagikan karya-karya kita ke publik dunia maya. Misalnya seorang fotografer dengan hasil jepretan-nya, seorang designer dengan gambar-gambarnya, penulis fiksi dengan cerita-ceritanya, businessman dengan startup yang sedang dikelolanya. Mulai dari konten-konten yang menginspirasi, menunjukkan kegembiraan atas aktivitas sosial yang dilakukan saat ini. Konten-konten positif juga bisa berupa postingan yang menunjukkan kedekatan kita bersama keluarga, aktivitas kerelawanan, juga prestasi, penghargaan atau capaian-capaian yang sedang atau pernah kita raih. Overposting berarti melakukan unggahan yang terlalu banyak sehingga dapat bersifat mengganggu daripada informatif.

Tambahan lagi, murid-murid dan guru-guru dapat mempelajari berbagai kemampuan baru dan hobi melalui smartphone. Misalnya belajar bahasa baru, teknik menggambar, memasak atau meningkatkan kemampuan public speaking dengan belajar melalui telepon pintar mereka. Misalnya video games yang dapat meningkatkan kemampuan murid-murid yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan mereka, atau games yang mengasah kemampuan mengingat atau berhitung.

Hal ini berkaitan dengan kebiasaan membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain, yang sulit untuk dihindari saat kita membuka sosial media. Perkembangan teknologi pendidikan menjadi faktor penting dalam menyelesaikan masalah pendidikan saat pandemi COVID-19. Teknologi pendidikan dapat memberikan kemudahan informasi serta penyampaian materi sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi kendala terkhusus pada saat Pembelajaran Jarak Jauh . Dengan ciri khas, antusias, dan perkembangan yang cepat saat ini serta berkaitan dengan generasi muda/millenial di saat pandemi COVID-19 mengakibatkan teknologi pendidikan merupakan solusi aktif yang tepat dan efisien yang dapat dimanfaatkan guna menunjan pembelajaran mandiri saat ini.

Bela negara dalam spektrum yang keras merupakan bentuk hak dan kewajiban perwujudan bela negara secara fisik dalam menghadapi ancaman yang didominasi oleh ancaman militer negara lain. Disadari bahwa saat ini, perang yang melibatkan kekuatan militer secara langsung sudah tidak menjadi mannequin penyelesaian konflik antar dua negara. Namun demikian, sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, bangsa Indonesia harus tetap memiliki kesadaran bahwa probabilitas terjadinya perang masih sangat terbuka. Perang terbatas yang terjadi di berbagai kawasan di Afrika, Afganistan dan Irak merupakan gambaran bahwa probabilitas perang masih menjadi pilihan dalam mempertahankan kepentingan nasional suatu bangsa. Yang perlu dipahami, spektrum bela negara mulai dari spektrum lunak hingga spektrum keras merupakan spektrum bela negara yang tidak terputus dan berkelanjutan.

Kompetisi bertajuk Creator Muda Academy itu bertujuan untuk mendorong kreativitas anak bangsa dalam menciptakan konten positif di media digital. Kendati, Muhadjir mengakui bukan hal mudah memengaruhi masyarakat melalui konten positif. Pasalnya kecenderungan konten negatif meskipun tidak terorganisir tetapi memiliki daya yang sangat besar untuk bisa memengaruhi pemikiran serta memicu tindakan reaktif dari masyarakat. Jakarta (8/07) – Kebijakan Belajar dari Rumah pada masa pandemi Covid-19, membuat intensitas anak dalam mengakses gawai dan web mengalami peningkatan. Anak-anak akan lebih sering mengakses gawai dan web baik untuk keperluan belajar maupun bermain. Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , Lenny N Rosalin menegaskan kondisi ini mengharuskan orangtua dan anak berkerjasama agar dapat bertanggungjawab memilah informasi yang layak bagi anak.

Sosialmedia bisa menjadi hal buruk bagi manusia

Apapun bentuk kreativitas yang disajikan harus berisi informasi yang dapat diadopsi menjadi perubahan perilaku ke arah lebih baik. Lenny menambahkan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi mengakibatkan informasi dapat diakses dengan mudah, murah, dan cepat. Untuk menghindari dampak negatif tersebut, orangtua bertanggungjawab untuk membangun ketahanan diri pada anak agar mereka mampu memilah informasi yang layak bagi anak,” tambah Lenny. Sosial media adalah sebuah media on-line yang dapat menghubungkan para penggunanya untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan menciptakan konten. Karena itulah muncul istilah content material creator, orang yang membuat konten di media sosial baik dalam bentuk video, foto, atau tulisan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setidaknya ada dua permasalahan utama yang perlu disoroti, yaitu ketaksiapan birokrasi dalam merespons situasi krisis dan kurangnya kepemimpinan . Permasalahan seperti ketakakuratan knowledge, yang pada akhirnya menyebabkan penyaluran bansos tak tepat sasaran, memang bukan masalah baru. Namun, permasalahan ini menjadi makin rumit ketika cara penyelesaiannya masih menggunakan mekanisme baku yang sebenarnya dirancang untuk diterapkan dalam kondisi normal Situs Judi Slot, bukan saat terjadi krisis. Pada masa krisis seperti pandemi, mekanisme tersebut tidak mampu merespons urgensi dan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan bantuan secara cepat. Artinya, Menko PMK saat ini memiliki posisi dengan kewenangan untuk mengoordinasikan aktor-aktor di tingkat pusat dan aktor-aktor di tingkat daerah, sebagaimana tecermin dari pernyataan berikut.

Comments are closed.